DSpace Repository

PENGARUH GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASITERHADAP KINERJA PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Perguruan Tinggi se Labuhan Batu)

Show simple item record

dc.contributor.author Ritonga, Mulkan
dc.date.accessioned 2020-03-06T08:09:30Z
dc.date.available 2020-03-06T08:09:30Z
dc.date.issued 2018-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2141
dc.description.abstract Perguruan Tinggi (PT) sebagai pusat pengembangan ilmu dan teknologi diharapkan mampu meningkatkan perannya dalam memajukan dan mempercepat pembangunan nasional (Sukirman dan Sari, 2012). Pendidikan tinggi dituntut untuk lebih menyeimbangkan perannya sebagai pusat intelektual sekaligus menjaga agar tetap relevan dengan kondisi sosial di sekitarnya dalam menghadapi transformasi ekonomi, teknologi dan kondisi sosial yang sangat cepat (Indrajit dan Djokopranoto, 2006).Untuk mencapai apa yang menjadi tujuan dari perguruan tinggi dapat dilihat dari tingkat kinerja perguruan tinggi tersebut. Salah satu aspek penting yang menjadi tolak ukur keberhasilan perguruan tinggi dewasa ini adalah good university governance¸ suatu sistem yang berfungsi untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi.Selain dari penerapan prinsip-prinsip GUG di perguruan tinggi untuk pencapaian kinerja perguruan tinggi yang lebih baik dan efektif, salah satu cara yang diperlukan adalah penggunaa teknologi informasi.Pemanfaatan dari teknologi informasi itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan yang ada di lingkungan PT. Perguruan Tinggi, khususnya di Kabupaten Labuhan Batu secara umum masih didominasi tingkat akreditasi C baik pada program studi yang dikelola maupun secara institusi. Informasi secara online seputar perguruan tinggi di Labuhan Batu juga masih terkesan minim. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja perguruan tinggi di Labuhan Batu masih kurang optimal. Penelitia ini dilakukan untuk melihat apakah Good University Governance (GUG) dan penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatifdengan melibatkan responden sebanyak 65orang yang merupakan pengurus harian dari 9 perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Labuhanbatu sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Dimana sebelum melakukan uji regresi terlebih dahulu melakukan analisis asumsi klasik yang terdiri dari 1) uji normalitas, 2) uji multikolinieritas, 3) uji heteroskedastisitas, dan 4) uji autokorelasi. Setelah dilakukan uji asumsi klasik langkah berikutnya adalah uji hipotesis dengan mengggunakan persamaan 1) uji parsial (uji t), 2) uji F dan 3) uji Determinasi. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Good University Governace (GUG) terhadap kinerja perguruan tinggi di Kabupaten Labuhanbatu yang dilihat dari hasil uji t1dengan nilai sig 0.000. Sedangkan penggunaan teknologi informasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja perguruan tinggi, ini terlihat dari hasil nilai sig untuk penggunaan t2 adalah 0.175.Good University Governance (GUG) dan penggunaan teknologi informasisecara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perguruan tinggi dengan nilai Fhitung sebesar 212.987 dengan nilai probabilitas (sig) = 0.000. en_US
dc.subject Good University Governance (GUG) en_US
dc.subject Teknologi Informasi en_US
dc.subject Kinerja en_US
dc.title PENGARUH GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASITERHADAP KINERJA PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Perguruan Tinggi se Labuhan Batu) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account