Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah kosa kata Bahasa Arab siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media gambar buatan siswa serta ada atau tidaknya
pengaruh media gambar buatan siswa terhadap penambahan jumlah kosa kata Bahasa
Arab di MTs Aisyiyah Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen,
dengan Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimen atau desain ekperimen
semu. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru Bahasa Arab dan seluruh peseta
didik kelas VII MTs Aisyiyah Binjai. Penelitian ini memproleh hasil yang memperlihatkan
terdapatnya pengaruh media gambar buatan siswa melalui hasil dari perbedaan nilai rata rata kelas ekperimen 89% setelah adanya pemberlakukan media gambar buatan siswa
dengan pendapatan nilai rata-rata kelas kontrol 67%. Sedangkan melalui uji hipotesis
menggunakan uji T yang diperoleh nilai thitung sebesar 16.224 ttabel 0,068 dengan
signifikansi 0,000 < 0,005 maka dinyatakan terdapatnya pengaruh (Ha) diterima. Kasa
kata yang dimiliki siswa setelah adanya media gambar buatan siswa + 50 kosa kata
Bahasa Arab debandingkan hasil sebelumnya, setelah adanya pemberlakukan media
gambar kosa kata Bahasa Arab menunjukkan adanya peningkatan. Populasi yang
digunakan adalah siswa kelas VII berjumlah 72 orang. Sampel penelitian kelas VIIA (kelas
eksperimen) sejumlah 36 siswa dan kelas VIIB (kelas kontrol) sejumlah 36 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal dengan pilihan berganda,
setiap test diambil melalui proses pembelajaran. Pokok masalah dalam penelitian ini
adalah guru tidak pernah penggunaan media pembelajaran di MTs Aisyiyah Binjai,
Sehingga dapat mengakibatkan kurangnya kemampuan kosa kata Bahasa Arab siswa di
MTs Aisyiyah Binjai.