Abstract:
Dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an selain membutuhkan
motivasi, keseriusan, keisitiqamahan, serta keinginan yang kuat juga dibutuhkan
metode yang tepat agar bisa sukses dalam menghafal dan menjaga hafalan. Salah
satu metode yang bisa digunakan untuk menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an
ialah metode mudarasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
implementasi metode mudarasah, apa saja faktor penghambat dan upaya apa yang
dilakukan oleh guru untuk mengatasi berbagai hambatan dalam implementasi
metode mudarasah, serta bagaimana keefektifan metode mudarasah di MTs PAB 2
Sampali. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berbentuk foto,
dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kegiatan
mudarasah dilaksankan setiap hari senin sampai hari sabtu mulai pukul 07:30 pagi
sampai pukul 10:10 siang dilaksankan dengan cara membagi siswa menjadi
berkelompok terdiri dari tiga sampai lima orang siswa satu orang memperdengarkan
hafalannya sedangkan yang lain menyimak, faktor penghambat dalam
implementasi metode mudarasah adalah kemampuan menghafal setiap siswa yang
berbeda-beda, tidak serius menyimak hafalan temannya, kurang dispilin serta
adanya rasa bosan, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor hambatan
tersebut dengan memberikan motivasi dan reward bagi siswa yang memiliki hafalan
terbanyak, memberikan sanksi bagi siswa yang tidak menyelesaikan hafalannya,
dan memberikan suasana baru dalam menghafal, serta dalam penerapannya metode
mudarasah belum bisa terlaksana dengan efektif.