DSpace Repository

PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DI MTS DAARUL ULUM MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author M. ZULHIFZI, MAHENDRA
dc.date.accessioned 2023-09-15T04:00:43Z
dc.date.available 2023-09-15T04:00:43Z
dc.date.issued 2023-05-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21326
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa sebelum dan sesudah adanya penerapan Active Learning pada mata pelajaran Aqidah di MTS Daarul Ulum Medan dan Untuk mengetahui pengaruh penerapan Active Learning terhadap minat siswa kelas 8 pada mata pelajaran Aqidah di MTS Daarul Ulum Medan.. Jenis penelitian ini adalah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Berdasarkan dari perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya, bahwa nilai korelasi yang didapat adalah = 0,613 dan nilai sig (2- tailed) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (active learning) dengan variabel terikat (minat belajar). Sedangkan thitung sebesar 15,794 > (lebih besar) dari nilai ttabel sebesar 2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y artinya Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan active learning terhadap minat belajar siswa di MTS Darul Ulum Medan khsunya pada mata pelajaran Akidah. en_US
dc.subject Active Learning en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Akidah en_US
dc.title PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DI MTS DAARUL ULUM MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account