dc.description.abstract |
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi :
Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengarah pada
prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research). Data informan didalam penelitian skripsi ini adalah Dr. H.
Alimuddin Siregas, M,Ag selaku wali kelas VII-2. Pengumpulan data yang digunakan di
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, serta
dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif Miles dan
Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
pengambilan kesimpulan/verifikasi.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta peningkatan hasil belajar siswa
kelas VII-2 di MTS pab 2 sampali dalam penggunaan metode Team Teaching. Jenis
metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan
kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII-2 MTS pab 2 sampali dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, test hasil belajar, dan dokumentasi.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian
yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah berdasarkan KKM di sekolah yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Teaching
dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII-2 di MTS pab 2 sampali. Jumlah siswa yang
tuntas dalam test pembelajaran siklus I sebanyak 21 orang atau setara dengan 62,5%.
Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam test pembelajaran sebanyak 23 siswa atau
setara dengan 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian dapat
diterima. |
en_US |