Abstract:
Skripsi ini membahas tentang proses berpikir kombinatorik siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kombinatorik pada siswa SMK AlWashliyah
Harapan
Sukoharjo
semester
genap
tahun
2019/2020.
Jenis
penelitian
ini
adalah
penelitian
deskriptif
dengan
pendekatan
kualitatif.
Sumber
data
dalam
penelitian
ini
adalah
siswa
SMK
Al-Washliyah
Harapan
Sukoharjo
semester
genap
tahun
2019/2020.
Teknik
pengumpulan
data
yang
digunakan
adalah
pemberian
tes
proses
berpikir
kombinatorik,
wawancara
dan
dokumentasi.
Penelitian
ini
menggunakan
analisis
data
kualitatif.
Dalam
penelitian
ini,
dianalisis
kemampuan
siswa
dalam
proses
berpikir
kombinatorik
yaitu
dengan
mengelompokkan
siswa
dalam
tiga
ketegori,
selanjutnya
dianalisis
indikator
soal.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
proses
berpikir
kombinatorik
pada
siswa
SMK
Al-Washliyah
Harapan
Sukoharjo
semester
genap
tahun
2019/2020
pada
kategori
tinggi
sebanyak
25.00
%,
kategori
sedang
sebanyak
58.33
%
,
dan
kategori
rendah
sebanyak
16.67
%.
Berdasarkan
hasil
penelitian
proses
berpikir
kombinatorik
pada
siswa
SMK
Al-Washliyah
Harapan
Sukoharjo
semester
genap
tahun
2019/2020
masih
belum
sepenuhnya
siswa
paham
mengenai
proses
berpikir
kombinatorik
pada
materi
peluang.