dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran guru dalam pembinaan
akhlak siswa dalam rangka meminimalisir bullying di SMP Negeri 2 Teluk Mengkudu,
serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan akhlak siswa untuk
meminimalisir bullying di SMP Negeri 2 Reluk Mengkudu. Metode yang dipakai dalam
penelitian ini adalah metode kuliatatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara pada
penelitian ini dilakukan terhadap kepala sekolah, guru PAI, wakil kepala sekolah
bidang kesiswaan, dan perwakilan siswa dari kelas VII dan VIII. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Kondensasi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan atau verifikasi data. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa upaya-upaya
yang dilakukan guru dalam pembinaan akhlak siswa yaitu dengan pembiasaan siswa
melakukan kebaikan. Selanjutnya guru memberikan motivasi serta nasihat kepada
siswa agar siswa melakukan hal-hal positif, lalu memberikan sanksi pada siswa apabila
siswa melakukan kesalahan di sekolah. Serta metode yang diberikan oleh guru dapat
menjadikan siswa dapat membedakan apa yang baik dan yang tidak baik. Dengan
adanya peran dan upaya yang dilakukan oleh guru maka akhlak siswa semakin
membaik dan tingkat peilaku bullying semakin berkurang. |
en_US |