DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Show simple item record

dc.contributor.author LIDIA, MENTARI
dc.date.accessioned 2023-09-13T03:09:16Z
dc.date.available 2023-09-13T03:09:16Z
dc.date.issued 2023-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21290
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran collaborative learning terhadap pemecahan masalah siswa. Siswa diberikan tes untuk melihat bagaimana hasil pemecahan masalah matematika siswa. Respon dan aktifitas siswa terhadap pembelajaran. Kemudian peneliti mendeskripsikan hasil tesebut dalam analisis data. Metode yang digunakan peneliti adalah metode pre-eksperimen dengan menggunakan one grup pre-tes, posttes design. Penelitian ini dilaksanakn di UPTD SPF SMP NEGERI 2 PULAU BANYAK BARAT pada kelas VIII sebanyak 25 siswa. Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 16,4037dengan nilai t tabel pada paraf signifikansi = 0.5 yaitu sebesar 2,060 artinya nilai t hitung > nilai t tabel atau 16,4037 > 2060. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolakmaka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan pada model pembelajaran Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa UPTD SPF SMP NEGERI 2 PULAU BANYAK BARAT. en_US
dc.subject Pemecahan Masalah en_US
dc.subject Model Pembelajaran Collaborative Learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account