Abstract:
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan
menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa SMP
Muhammadiyah 57 Medan T.A 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa pada materi Phytagoras di kelas VIII-A SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Selain itu juga, untuk mengetahuai bagaimana
penerapan model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan
yang berjumlah 35 siswa demgan 22 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.
Sedangkan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan
menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Data diperoleh dengan
menggunakan tes soal dan observasi aktivitas hasil belajar siswa pada materi
Theorema Phytagoras. Dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan dari tes tahap awal yang hanya mencapai 22,58% kemudian pada
tindakan siklus I mencapai 51,42% lalu meningkat pada tindakan siklus II menjadi
85,17%. Untuk hasil yang diperoleh dari observasi aktivitas ketuntasan hasil
belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,247 dengan kategori cukup
dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 2,748 dengan kategori baik.
Dengan demikian hasil dari tindakan yang dilakukan dengan menerapkan model
pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VIII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2022/2023.