Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik modul (e modul) matematika berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan
qr digital untuk siswa SMP kelas VIII dan untuk mengetahui kelayakan hasil
pengembangan bahan ajar elektronik modul (e-modul) matematika berbasis
aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan qr digital di SMP kelas VIII
berdasarkan penilaiaan ahli materi, ahli media dan respon siswa. Sampel pada
penelitian ini ialah siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan kelas VIII yang
berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (Research and development). Model pengembangan pada
penelitian ini menggunakan model ADDIE yang telah dimodifikasi menjadi 3
tahap, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Desaign), dan Pengembangan
(Development). Instrument penelitian yang digunakan yaitu validasi ahli materi
dan validasi ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara dan angket. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar elektronik modul (e modul) matematika berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan
qr digital yang layak digunakan. Kelayakan diperoleh dari validasi ahli materi dan
validasi ahli media menyatakan layak dengan skor rata - rata penilaian ahli materi
3,6 dan skor rata – rata penilaian ahli media 3,6. Respon siswa terhadap bahan
ajar yang dikembangkan memiliki skor rata – rata penilaian 3,6. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik modul (e-modul) matematika berbasis
aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan qr digital untuk siswa SMP
kelas VIII layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.