| dc.contributor.author | PUTRI, WIDYA SARI | |
| dc.date.accessioned | 2023-08-15T04:08:17Z | |
| dc.date.available | 2023-08-15T04:08:17Z | |
| dc.date.issued | 2023-03-09 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21250 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dengan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa di SMK Mandiri Medan. Subjek dalam penelitian ini ialah gutu BK, Guru pelajaran dan siswa-siswi kelas XII, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Mandiri Medan yang berjumlah 10 orang dan mengalami masalah kurangnya kecerdasan emosi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan untuk memperoleh data maupun informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XII SMK Mandiri Medan ternyata berhasil dan cukup efektif siswa sudah mengerti tentang kecerdasan emosi dan bagaimana cara untuk meningkatkan kecerdasan emosi yang baik dan terjadi perubahan. | en_US |
| dc.subject | Layanan Bimbingan Kelompok | en_US |
| dc.subject | Permainan Simulasi | en_US |
| dc.subject | Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa | en_US |
| dc.title | PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA SMK MANDIRI MEDAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |