Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk Menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan kentang di Pasar Tradisional Sei Sikambing
Kecamatan Medan Helvetia. Kedua Menganalisis elastisitas permintaan kentang
di Pasar Tradisional Sei Sikambing Kecamatan Medan Helvetia.
Metode penarikan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling
yaitu snowball sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50
konsumen permintaan kentang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara
parsial jumlah anggota keluarga, harga kentang, minat konsumen dan pendapatan
keluarga berpengaruh terhadap jumlah permintaan kentang, Faktor – faktor
jumlah anggota keluarga, harga kentang, minat konsumen, dan pendapatan
keluarga, bersifat inelastis. Konsumen memiliki jumlah pendapatan rendah atau
tinggi tetap membeli kentang sebagai sayuran pokok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial jumlah anggota
keluarga, harga kentang, minat konsumen dan pendapatan keluarga berpengaruh
terhadap jumlah permintaan kentang di Pasar Tradisional Sei Sikambing.