Abstract:
Penelitian ini merupakan suatu penelitian dimana mengembangkan Unit Kegiatan
Belajar Mandiri (UKBM) matematika berbasis Brain Based Learning (BBL)
menggunakan teka-teki silang (TTS) pada tingkat sekolah menengah atas tepatnya
di MAN 1 Medan yang bertujuan untuk dapat mengetahui pengembangan UKBM
matematika berbasis Brain Based Learning menggunakan permainan teka-teki
silang, serta untuk mengetahui kelayakan UKBM matematika berbasis Brain
Based Learning menggunakan teka-teki silang, dan juga untuk mengetahui respon
siswa terhadap UKBM matematika berbasis Brain Based Learning menggunakan
teka-teki silang di MAN 1 Medan. Dalam penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini merupakan
penelitian dalam bentuk skala besar dengan jumlah 71 siswa tepatnya pada
perlakuan tahap implementasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini
memperoleh penilaian sebesar 87% ahli media dengan pernyataan sangat valid,
93,6% ahli materi dengan pernyataan sangat valid, dan 92% penilaian kepraktisan
siswa kelas X MIPA dengan pernyataan sangat praktis dan 92,5 kepraktisan dari
kelas X IPS dengan pernyataan sangat praktis yang mana artinya pengembangan
Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) matematika berbasis Brain Based
Learning (BBL) menggunakan teka-teki silang (TTS) ini layak menjadi bahan ajar
dalam pembelajaran. Adanya hasil pengembangan UKBM matematika ini dapat
menjadi sebagai referensi para pendidik disekolah dalam merancang UKBM,
dapat membantu pembelajaran disekolah agar lebih banyak terpokus ke siswa, dan
juga dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam menggunakan UKBM saat
pembelajaran berlangsung.