dc.description.abstract |
Bahan ajar merupakan alat bantu yanguntuk membantu pendidik dalam
menyampaikan materi pembelajaran. Bahan ajar memuat sekumpulan materi,
contoh soal, dan rangkuman. Penggunaan bahan ajar dapat meningkatkan
efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana bahan ajar digital interaktif berbasis Realistic
Mathematics Education berbantuan software Flipbook untuk siswa SMP/MTs
Kelas VII pada materi garis dan sudut serta untuk mengetahui kelayakan dan respon
peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang
terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development
(Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan dengan
menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang peserta didik. instrumen penelitian
yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi,
penilaian ahli media, serta angket respon peserta didik. Bahan ajar digital interaktif
berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan software Flipbook untuk
siswa SMP/MTs Kelas VII pada materi garis dan sudut yang telah dikembangkan
telah memenuhi kriteria layak digunakan untuk siswa SMP kelas VII. Kelayakan
terlihat dari hasil penilaian validator, dimana hasil dari penilaian ahli materi
diperoleh kategori baik. Sedangkan, penilaian dari ahli media diperoleh kategori
sangat baik, serta angket respon siswa diperoleh kategori sangat menarik. |
en_US |