Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Bagaimana strategi yang dimiliki
Salon syariah Cahaya Muslimah dan Untuk menganalisis strategi bersaing usaha
Salon Syariah Cahaya Muslimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan data primer diperoleh dari wawancara dan observasi langsung ke Salon
Syariah Cahaya Muslimah. Hasil penelitian menunjukkan strategi bersaing yang
dijalankan oleh salon syariah cahaya muslimah dalam upaya meningkatkan
jumlah pelanggan adalah dengan strategi diferensiasi. Diferensiasi yang dilakukan
yaitu menerapkan nilai-nilai Islam seperti menolak mencukur/mencabut alis,
sulam alis, menyambung rambut kemudian yang tidak kalah penting salon
muslimah lebih menjaga privasi konsumennya, sera salon syariah cahaya
muslimah menggunakan bahan-bahan yang halal dan terjamin kualitasnya.
Strategi keunggualn bersaing yang digunakan untuk meningkatkan jumlah
pelanggan sudah cukup baik dan sesuai dengan konsep ekonomi Islam, mulai dari
pelayanan, bahan-bahan yang digunakan halal dan berkualitas, penetapan harga
(tidak bermaksud memperbanyak profit), dan hasil yang diperoleh dari treatment
akan tampak alami tidak mencolok.