Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana proses
pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnah Khusus ini SMK Swasta Al Wasliyah 3 Medan dengan model pendekatan Problem Based Learning, 2. Untuk
meningkatkan hasil belajar Akuntansi dengan menggunakan model pendekatan
Problem Based Learning pada materi Jurnal Khusus di SMK Swasta Al-Wasliyah
3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilakukan pada bulan September hingga Desember 2022 di SMK Swasta
Al-Wasliyah 3 Medan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi
pada pokok bahasan Jurnal Khusus menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan jurnal khusus
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, sebelum diterapkan model
pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan presentase ketuntasan peserta
didik 28.57%, setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning
pada siklus I menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 42.85% dan pada
siklus II menunjukkan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 80.95%.