dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kualitas hafalan Al Qur’an siswa dan pengaruh metode tasmi’ terhadap kualitas hafalan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen.
dengan sampel yang berjumlah 30 siswa. Adapun alat pengukur data yang
digunakan adalah lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dapat dilihat dari nilai rata-rata pada kelas
eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode tasmi’ lebih tinggi
dibanding nilai rata-rata pada kelas kontrol. Baik dari segi kelancaran
hafalan, kefasihan huruf, tanda waqaf, tajwid dan daya ingat bacaan hafalan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kelas pengguna
metode tasmi’ dengan kelas yang tidak menggunakan metode tasmi’
terhadap hasil kualitas hafalan Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al Qur’an di MTsN 4 Madina Kecamatan Siabu. |
en_US |