Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e – service
quality dan e – recovery service quality terhadap e – loyalty pada 150K OPTIK.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah para konsumen 150K OPTIK yang berada di Jl. Karya Dame Komplek
Karya Quality No. 25D Medan, dan sampel yang digunakan sebanyak 70 sampel
minimal dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan kuesioner. Model analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi, dengan metode uji
parsial dengan Ttest dan uji simultan dengan Ftest. Hasil uji T secara parsial
menunjukkan bahwa E – Service Quality dan E – Recovery Service Quality secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap E – Loyalty. Dan hasil uji F secara
simultan (bersamaan) berpengaruh signifikan terhadap E – Loyalty. Maka dapat
disimpulkan adanya pengaruh E – Service Quality dan E – Recovery Service
Quality terhadap E – Loyalty.