Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Rendahnya
keaktifan belajar siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat
pada guru sehingga menciptakan proses pembelajaran yang monoton dan
menyebabkan siswa menjadi pasif.
Penelitian ini menerapkan salah satu media pembelajaran yang dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
islam yaitu dengan menggunakan media gambar yang diwujudkan secara visual
dalam bentuk 2 dimensi sebagai pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Dalam
penelitian quasi eksperimen ada perlakuan (treatment). Adapun populasi dalam
penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 598.
Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 232 siswa.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan
angket dalam peroses pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis yang digunakan T-tes yang di peroleh nilai thitung dengan
signifikan sebesar 0,821 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK negeri 1 tebing tinggi.