Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa 
SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan 
di SMA Harapan Mekar Medan kelas X IPA sebanyak 29 siswa sebagai kelas 
eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian yaitu one- group pretest-postest design. Dari hasil penelitian diperoleh 
nilai rata-rata pretest sebesar 45,52 dan rata-rata nila posttest sebesar 76,21.
Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji 
normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov data yang di ujikan akan 
diolah dengan menggunakan program SPSS. Kesimpulan penelitian ini 
menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Novick terhadap 
kemampuan berpikir kritis matematis siswa dimana terdapat peningkatan nilai 
rata-rata hasil belajar setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Novick.
Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon 
signed test diperoleh nilai Z untuk kelas eksperimen sebesar 2,825 dengan nilai 
asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05). 
Sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima.