Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan strategi
crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak .
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA AL-BUKHORI MUSLIM
yang berjumlah 12 Orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik sampling jenuh
sebanyak 12 orang mahasiswa. Teknik analisa data menggunakan uji kualitas data, uji
rebilitas data, uji hipotesis, uji parsial t hitung (uji t). Hasil penelitian menunjukan
bahwa metode crossword puzzle yang diterapkan dikelas eksperimen dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran akidah akhlak.
Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan
metode crossword puzzle, sebelum diterapkan metode crossword puzzle pada kelas
eksperimen mendapatkan mean x=61,46. Namun setelah diterapkan metode crossword
puzzle postes kelas eksperimen mendapat mean x= 85,16. Sedangkan hasil analisis data
dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 3,57 dan ttabel 2,02 sehingga hasil
perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 3,57
> 2,02).