Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media
pembelajaran HTML5 Package (H5P) terhadap pemahaman konsep matematis
dan self efficacy siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian dilaksanakan
di SMP Negeri 2 Namo Rambe. Sampel dalam penelitian ini yaitu 32 siswa kelas
VIII 3 (kelas eksperimen) dan 31 siswa kelas VIII 4. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, angket, dan post test. Penelitian ini menggunakan eksperimen
semu, dengan desain penelitian menggunakan posttest only control group design
Teknik analisis data kuntitatif dengan menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan
hasil data analisis nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0,05
atau 0,001< 0,05, maka H0 ditolak dengan demikian menunjukkan bahwa ada
pengaruh media pembelajaran HTML5 Package (H5P) terhadap pemahaman
konsep matematis dan self efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Namo
Rambe. Nilai koefisien determinasi media pembelajaran interaktif H5P terhadap
pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,205 atau sama dengan 20,5%,
sedangkan nilai koefisien determinasi media pembelajaran interaktif H5P terhadap
self efficacy siswa sebesar 0,090 atau sama dengan 9%. Penggunaan media
pembelajaran interaktif HTML5 Package (H5P) dapat mengatasi kebosanan yang
kerap dialami siswa dalam proses belajar mengajar, dan dapat membuat siswa
lebih semangat dalam belajar. Karena media pembelajaran interaktif dilengkapi
dengan gambar, suara dan video, yang berdampak positif terhadap pemahaman
konsep matematis dan self efficay siswa siswa.