Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan
Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data
sekunder yang diperolah dari laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan di
www.idx.co.id. Teknik pengabilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunkan
teknik purposive sampling, dengan jumlah objek 8 perusahaan dengan data
selama 4 tahun sehingga memiliki jumlah sampel 32 data.
Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik
deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji
normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linear
sederhana dan pengujian hipotesis dengan uji t serta uji koefisien determinasi (R²).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan banwa corporate
social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan, pengaruh corporate
social responsibility terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 14,4 %.