dc.contributor.author | MUKLIS, ADE SAPUTRA | |
dc.date.accessioned | 2023-07-04T02:26:28Z | |
dc.date.available | 2023-07-04T02:26:28Z | |
dc.date.issued | 2023-05-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20790 | |
dc.description.abstract | Secara umum pendidikan dapat dimaknai sebagai bimbingan terhadap perkembangan manusia menuju ke arah cita-cita tertentu. Suatu pembelajaran yang dilakukan oleh setiap pendidik diharapkan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang terdapat dalam UUD tahun 1945 tepatnya pada alinea ke IV yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Salah satu indikator tercapainya tujuan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh para peserta didik setelah melewati proses pembelajaran. Bila hasil belajar para peserta didik meningkat dari tahun ke tahun dapat disimpulkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia juga meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian Pada siklus I dilaksanakan tes evaluasi setelah penyajian suatu materi pokok yakni koordinat kartesius dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, berdasarkan tabel 4.16 diperoleh kesimpulan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terus mengalami peningkatan pada pertemuan kedua hingga 50.4%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan aktivitas guru ini masih tergolong kategori “Cukup” dengan interval skor 40% < KT ≤ 60%. Berdasarkan tabel 4.17 diperoleh kesimpulan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran investigasi kelompok yaitu 67,16%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan aktivitas siswa ini masih tergolong kategori “baik” dengan interval skor 60% < KT ≤ 80%. | en_US |
dc.subject | Group Investigation | en_US |
dc.subject | Perpangkatan | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PERPANGKATAN DI SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |