Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode audiolingual pada mata
pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Imam Muslim.
Penelitian ini diperoleh atas terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan metode
audiolingual dapat membantu meningkatkan pemahaman bahasa Arab di Madrasah
Tsanawiyah Pondok Pesantren Imam Muslim. Metodologi penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
fenomenologi. Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, objek penelitian ini
adalah siswa dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Teknik
keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Penelitian ini mencakup adanya
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa sebelum implementasi metode audiolingual dilaksanakan, guru lebih dahulu
membuat perencanaan. Perencanaan pembelajaran bahasa Arab dibuat sebagaimana
umumnya dibuat oleh guru di madrasah lainnya. Kemudian dilakukannya pelaksanaan
metode audiolingual dengan mencakup tiga tahapan yakni pembukaan, kegiatan inti,
sampai penutup. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode audiolingual
dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Imam
Muslim meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung diantaranya
yaitu minat belajar siswa, buku ajar, dan guru sebagai faktor pendukung utama.
Sedangkan faktor penghambat diantaranya yaitu mufrodat atau kosakata, kepercayaan
diri, serta faktor lingkungan. Terakhir ditutup dengan evaluasi dalam pembelajaran
bahasa Arab dengan cara mengevaluasi para siswa dengan mengadakan kuis berupa
pertanyaan-pertanyaan dari materi pembelajaran yang telah dilaksanakan, seperti tebak
arti kalimat atau mufrodat, menyambung atau menjawab hiwar, menyusun kata-kata acak
bahasa Arab melalui tadribat, sampai melaksanakan ulangan harian materi bahasa Arab
melalui lisan maupun tulisan.