Abstract:
Shalat Dhuha menjadi pembentukan karakter siswa yang mana waktu pelaksanaan
shalat dhuha pada saat orang sibuk dengan aktivitas keduniaannya dan banyak hikmah
yang terkandung didalamnya. Waktu pelaksanaannyamerupakan saat yang luar biasa
untuk bermuwajah dan membangun hubungan pribadi dengan Allah serta mendapatkan
perhatiankhusus dan kasih sayang dari- Nya. Menurut Narwanti Pendidikan karakter
adalah suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada warga sekolah yang
meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk
melaksanakan nilai – nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri
sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan
kamil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Populasi yang
dihimpun dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 Orang yang diambil
menggunakan teknik wawancara siswa dan guru, observasi langsung ke lokasi
penelitian, dan dokumentasi penelitian. Untuk memperoleh data Implementasi Program
Sholat Dhuha siswa kelas VIII peneliti menggunakan teknik wawancara, dan praktek.
Sedangkan cara implementasi Pembentukan Karakter Disiplin dengan cara
pengaplikasian langsung pada saat jam pelaksanaan kegiatan sholat dhuha. Berdasarkan
hasil temuan peneliti selama penelitian di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam ada
beberapa temuan yang didapatkan peneliti sesuai dengan masalah yang ada.
Pelaksanaan dan Pelatihan Implementasi Program Sholat Dhuha Berjama‟ah Dalam
Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam.
Dalam pemberian materi kedisiplinan shalat dhuha serta pelatihannya, dalam hal ini
peneliti menkhususkan di kelas VIII SMP, mudah dalam menerima materi dan mudah
mendisiplinkan diri dalam melaksanakannya dan merasa harus lebih baik lagi dalam
mendisiplinkan kegiatan shalat dhuha nya, Sebahagian siswa kelas VIII SMP lainnya
tidak terlalu bersemangat karena siswa tidak terbiasa dalam mendisiplinkan diri untuk
shalat dhuha dengan alasan tertentu seperti waktu shalat dhuha yang ditentukan
sekolahmengambil sebahagian waktu istirahat mereka.