DSpace Repository

KORELASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA TERHADAP GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author DESSY, ARIANI HASIBUAN
dc.date.accessioned 2023-06-20T03:17:03Z
dc.date.available 2023-06-20T03:17:03Z
dc.date.issued 2023-05-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20726
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa terhadap guru di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini didapatkan atas asumsi bahwa semakin tinggi nilai prestasi belajar Pendidikan Agama Islam maka semakin meningkat pula akhlak siswa terhadap guru. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, berjeniskan penelitian korelasional, dengan pendekatan yang bersifat deduktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui sumber data primer berupa angket/kuisioner, sumber data sekunder berupa nilai rapot prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, serta hasil observasi sebelum mendapatkan kedua data tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik probability sampling dengan model pengambilan sampel acak berstrata (stratified random sampling). Penentuan teknik ini berupa pengambilan anggota sampel bila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsial. Dalam menentukan besar ukuran sampel pada penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti setelah melalui tahapan observasi, pengumpulan data primer berupa angket, serta data sekunder berupa nilai prestasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan, maka didapati kesimpulan bahwasanya tidak terdapat korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa terhadap guru di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi menggunakan product moment. Dalam analisis ini, didapati bahwa korelasi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa terhadap guru sebesar (0,065) dengan nilai signifikansi 0,321 > 0,05. en_US
dc.subject Prestasi Belajar PAI en_US
dc.subject Akhlak Siswa en_US
dc.subject Guru en_US
dc.title KORELASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA TERHADAP GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account