Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode tutor sebaya
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan tutor
sebaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian
yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaan metode tutor sebaya di SMP N 2
percut sei tuan dapat berjalan dengan hasil yang memuaskan bagi guru dan siswa,
terbukti dengan guru Pendidikan Agama Islam disini sebagai pengawas, menetukan
tutor, membantu mengatur kelompok, membantu kesulitan belajar dan
mengevaluasi pada tiap akhir bulan. Faktor internal pendukung meliputi faktor
kematangan, kecerdasan, motivasi, dan faktor internal penghambat yang muncul
dari dalam diri peserta didik meliputi peserta didik kurang mampu memahami
keterangan yang diberikan guru untuk belajar serta peserta didik tidak dapat
menerapkan materi agama yang diterima disekolah dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan faktor eksternal pendukung yaitu faktor yang terdapat diluar individu
seperti guru, keluarga, masyarakat, sekolah, teman. Dan faktor eksternal
penghambat yaitu kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik
serta kurangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.