Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana
pengaruh harga mentimun dan harga barang lain terhadap permintaan mentimun
di Pasar Raya MMTC Deli Serdang. 2). Untuk mendeskripsikan selera konsumen
terhadap permintaan mentimun di Pasar Raya MMTC
Penentuan daerah penelitian yang dilakukan secara sengaja (purposive)
yaitu di Pasar Raya MMTC Deli Serdang. Teknik penentuan sampel yang
digunakan adalah probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini
adalah sebanyak 30 orang pedagang mentimun di Pasar Raya MMTC, karena
menurut sugiyono 2010 jumlah sampel sebanyak ≥30 orang sudah bisa dilakukan
untuk pengujian statistik.
Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai f-hitung = 2,746 pada taraf
tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Oleh karena itu f hitung ˃ f tabel atau 2,746
˂ 3,32 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan variabel bebas
harga mentimun (X1) dan harga barang lain (X2). Secara simultan terdapat
pengaruh antara x (harga dan harga barang lain) secara signifikan terhadap y
(permintaan) mentimun.