Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis gambaran umum manajemen pemasaran ikan tuna di daerah
penelitian menggunakan model Food Supply Chain Networks (FSCN), untuk
menganalisis kinerja manajemen pemasaran ikan tuna di daerah penelitian
menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sampel dalam
penelitian ini adalah nelayan (pemasok bahan baku), toke ikan tuna, agen ikan
tuna dan konsumen yang terdiri dari 11 orang nelayan (pemasok bahan baku), 19
orang toke ikan tuna, 7 orang agen ikan tuna dan 13 orang konsumen. Lokasi
penelitian terletak di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum, manajemen
pemasaran ikan tuna di daerah penelitian ini adalah nelayan (pemasok bahan
baku) – toke ikan tuna – agen ikan tuna – konsumen. Secara bisnis manajemen
pemasaran ikan tuna ini sudah menjalankan dua proses bisnis yaitu proucurement
dan customer order. Kinerja manajemen pemasaran di daerah penelitian sudah
cukup konsisten dengan nilai rasio konsistensi sebesar 0,060.