Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran
menghafal Al-Quran di SMP IT Nurul Fadhilah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan Analisis hiveraktive Miles and
Huberman.
Hasil penelitian terkait manajemen menghafal alquran di SMP IT Nurul
fadhilah meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi.
Perencanaan dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, metode,
materi, waktu, target hafalan, dan penilaian, yang dituangkan dalam silabus yang
dibuat oleh guru penanggung jawab. Pengorganisasian dilakukan dengan
pengaturan materi pembelajaran, penyusunan bahan ajar dan pengorganisasian
pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi dua kelompok yaitu
tahsin dan tahfiz dengan alokasi hari khusus untuk membaca, menghafal, dan
murojaah alquran. Evaluasi dilakukan dengan menguji kemampuan siswa
menggunakan teknik tes hafalan dan tes praktik.