dc.description.abstract |
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu
komunikasi keluarga yang belum efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah apakah ada hubungan antara komunikasi keluarga dan prestasi belajar anak
kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan komunikasi yang baik antara keluarga terutama orangtua dengan
anak agar lebih terbuka kepada orangtua mengenai permasalahan anak baik
disekolah maupun diluar sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi
teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment.
Penelitian ini menggunakan metode peneitian kuantitatif guna menemukan apakah
ada hubungan mengenai Komunikasi keluarga (variabel X) dan prestasi belajar
(variabel Y) di SMP Muhammadiyah 01 Medan dengan sampel penelitian 33
orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan komunikasi
keluarga dengan prestasi belajar dengan hasil uji normalitas nilai signifikan 0,283
dan 0,291, antara variabel X dan Y memiliki hubungan linier karena nilai
signifikasi 0,804 > 0,05. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil rhitung >
rtabel yaitu 0,750 > 0,344 dan pengaruh antara variabel komunikasi keluarga dan
prestasi belajar sebesar 55%, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian
dapat disimpulkan ada hubungan antara komunikasi keluarga dengan prestasil
belajar anak kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Simpulan penelitian
ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi keluarga dan prestasi
belajar VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Guru dapat memahami agar
siswa merasa nyaman ketika bercerita mengenai permasalahan ketika ada
persoalan dirumah. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian serupa,
sebaiknya mencari banyak referensi tentang efektivitas komunikasi orangtua. |
en_US |