DSpace Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP YPK MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NINA, TAMAYA
dc.date.accessioned 2023-06-10T03:13:03Z
dc.date.available 2023-06-10T03:13:03Z
dc.date.issued 2023-01-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20655
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang diajarkan melalui model pembelajaran Lightening The Learning Climate lebih efektif dari pada siswa kelas kontrol yang diajarkan melalui model pembelajaran diskusi dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate pada siswa kelas VIII SMP YPK Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP YPK Medan. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbeda. Dari enam kelas dipilih sampel secara acak sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate dan kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran diskusi. Data hasil penelitian digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMP YPK Medan model pembelajaran Lightening The Learning Climate lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi lingkaran dari pada menggunakan model pembelajaran diskusi, dan dari data yang diperoleh melalui uji gain bahwa hasil dari kelas eksperimen dengan memanfaatkan model pembelajaran Lightening The Learning Climate mendapatkan peningkatan 57%, dengan kesimpulan bahwa model pembelajaran quantum cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP YPK Medan. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Lightening The Learning Climate en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP YPK MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account