Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan guru dalam
penggunaan media pembelajaran di MTs Islamiyah Medan. Sehingga
menyebabkan kurangnya minat belajar pada siswa di MTs Islamiyah Medan,
terkhusus pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh penggunaan media teknologi digital terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyah Medan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, Adapun populasi
dalam penelitian ini berjumlah 170 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik proporsionate stratified random sampling. Sampel penelitian kelas
berjumlah 118 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan uji reliabilitas, uji
normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan T-test yang di
peroleh thitung sebesar 2.925 > ttabel 1,658 dengan signifikan 0.004 < 0.005. Maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media teknologi digital
terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah
Islamiyah Medan.