Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan media pembelajaran berbasis
etnomatematika menggunakan Augmented Realityyang berfokus di Tingkat SMP
kelas IX . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan
media pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan Augmented Reality di
tingkat SMP kelas IX. Selain itu untuk mengetahui suatu kelayakan dan
kemenarikan media pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan
Augmented Reality pada pelajaran matematika, serta untuk mengetahui respon
peserta didik terhadap ketertarikan pengembangan media pembelajara berbasis
etnomatematika menggunakan Augmented Reality di tingkat SMP kelas IX.
Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisys, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Implementation peneliti membatasi uji
coba dalam skala kecil dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil dari penelitian ini
memperoleh nilai sebesar 98% ahli materi menyatakan sangat valid, 97,5% ahli
media menyatakan sangat valid, 94% peserta didik menyatakan tertarik yang berarti
pengembangan media pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan
Augmented Reality layak dijadikan bahan ajar atau media pembelajaran.