Abstract:
Yang menjadi tujuan penelitian pada masalah ini adalah penulis ingin melihat
sejauh mana peran guru fikih dalam memberikan pendidikan seks islami kepada
peserta didik terkhusus pada mata pelajaran fikih yang ada di sekolah MTs Cerdas
Murni.adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih banyaknya orang
tua yang berpemahaman bahwa ketika membahas masalah seks itu sesuatu yang
tabu yang tak boleh dibicarakan kepada anak yang berusia remaja.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus,
dengan menggunakan metode analisis data . Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen kunci dalam
penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan informannya adalah kepala
sekolah, guru, dan siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Dalam memberikan Pendidikan seks oleh guru
agama kepada peserta dididk di MTs Cerads Murni dilakukan dengan 2 hal yaitu
didalam kelas dengan memberikan materi fikih dan diluar kelas dengan
memberikan bimbingan dan nasehat kepada peserta didik. 2). Pendidikan seks yang
diberikan masih bersifat integrative karena memang belum ada secara resmi di
kurikulum Pendidikan hanya saja guru fikih memasukan materi tersebut kedalam
materi materi fikih yang ada mengandung muatan pemaham seks. 3) Pelaksanaan
Pendidikan seks di MTs Cerdas Murni di kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
berjalan dengan baik tentunya adanya factor-faktor yang mendukung keberhasilan
ini karena adanya dukungan dari segenap komponen sekolah mulai dari kepala
sekolah, wali kelas dan guru BK ikut serta dalam memberikan pengaetahuan
tentang seks kepada peserta didik.