Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan permainan Ludo
Akuntansi dalam pembelajaran Akuntansi. 2) Untuk mengetahui peningkatan
aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Team Games Tournament (TGT) dengan permainan Ludo Akuntansi.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (analysis,
design, development, implementation, evaluation). Validasi media dilakukan oleh
ahli materi, ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan pada 19 siswa
kelas X AKL SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh melalui angket
kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Media
Pembelajaran Ludo Akuntansi dikembangkan dengan menggunakan metode
ADDIE, 2) Kelayakan media pembelajaran Ludo Akuntansi menurut ahli materi
dan ahli media adalah sebagai berikut: a) penilaian oleh ahli materi diperoleh skor
rata-rata 3,7 yang termasuk dalam kategori ”Sangat Layak”; b) penilaian oleh ahli
media diperoleh skor rata-rata 3,86 yang termasuk dalam kategori ”Sangat Layak”;
c) penilaian oleh siswa diperoleh skor rata-rata 3,34 yang termasuk dalam
kategori ”Layak”, 3) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) diperoleh
berdasarkan hasil angket aktivitas belajar siswa sebesar 79%. Dengan demikian
media pembelajaran Ludo Akuntansi dengan pendekatan model pembelajaran
kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa kelas X SMK YPK Medan.