Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social
responsibility dan risiko investasi terhadap reputasi perusahaan dengan
profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan subsector transportasi
di Bursa Efek Indonesia. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
asosiatif dengan pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa laporan
tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan di situs resmi BEI, www.idx.co.id.
Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan subsector transportasi di Bursa Efek
Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan
sampel sebanyak 32 perusahaan dengan tahun pengamatan dimulai dari 2018-2020
sehingga diperoleh 96 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) berupa uji statistic
deskriptif, uji autokorelasi, uji korelasi antar variabel, dan uji koefisien jalur dengan
alat bantu Statistical Program for Social Science (SPSS 20) diperkuat dengan uji
sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility,
risiko investasi dan profitabilitas berpengaruh terhadap reputasi perusahaan.
corporate social responsibility berpengaruh terhadap profitabilitas. Risiko investasi
tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Corporate social responsibility dan risiko
investasi tidak berpengaruh terhadap reputasi perusahaan melalui profitabilitas.