Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar Agama Islam Siswa di SMP Dinda Hafidzah dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar Agama Islam Siswa di SMP Dinda Hafidzah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskeriptif data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi teknik analisis data dan teknik pengujian keabsahan data.
Temuan dalam penelitian ini peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar Agama Islam Siswa SMP Dinda Hafidzah adalah:
1) Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi 2) Menciptakan kompetisi 3) Memberitahukan hasil belajar siswa 4) Memberikan penilaian 5) Memberikan pujian 6) Memberikan hadaiah. Sedangkan faktor pendukung peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar Agama Islam Siswa SMP Dinda Hafidzah yaitu: Kesehatan siswa, Kesungguhan siswa dalam belajar, Kompetensi dan kualifikasi akademik guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya penghargaan terhadap prestasi siswa, tingkat pemahaman terhadap materi pelajaran yang rendah, selain itu juga kurang tersedianya sarana dan prasarana yang memadai di SMP Dinda Hafidzah Islamic School.