Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pengaplikasian strategi pembelajaran aktif inovatif kreatif dan efektif dan menyenangkan (PAIKEM) di SMP Muhammdiyah 02 Medan pada mata pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan. Kemudian dalam pelaksanaannya metode PAIKEM ini untuk mengetahui keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta bagaimana keterampilan guru dalam memilih strategi pembelajaran dan hal yang utama ialah untuk mengetahui kurangnya ketertarikan siswa pada mata pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan. Peneltiian ini sendiri menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan ternyata pengaplikasian PAIKEM pada mata pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 02 Medan t membawa dampak yang positif dalam kegiatan belajar mengajar. Karena dalam kegiatan pembelajaran susasana yang diciptakan oleh guru menjadi sangat aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dalam prosesnya suasana kelas diciptakan menjadi sistem belajar yang aktif, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar untuk saling beradu argumentasi, saling memberikan penjelasan dan penjabaran dalam setiap Bab pembelajaran, siswa juga saling memberikan gagasan dalam setiap penjelasan dari antar kelompok untuk memecahkan masalah pembelajaran, dan juga dalam penerapannya metode ini siswa melakukan praktek langusng dalam mateti pembelajaran untuk mencapai tujuan materi pembelajaran. Suasana belajar ini lah yang membuat Mata Pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 02 Medan menjadi lebih Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.