Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru yang mempunyai kompetensi
mengajar yang baik tidak mudah ditemukan, termasuk juga guru yang mengajar
pada SMA Muhammadiyah 1 Medan, oleh sebab itu kompetensi guru bukanlah
persoalan yang berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah faktor latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar dan
training keguruan yang pernah diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
persepsi siswa tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang meliputi
kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan
kompetensi profesional sehingga siswa dapat menjadikan guru PAI sebagai
teladan yang bai, karena guru adalah cerminan bagi generasi bangsa dimasa
depan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan : 1)
Observasi, yaitu mengadakan pengamatan langsung ke lokasi penelitian dalam hal
ini disekolah SMA Muhammadiyah 1 Medan. 2) Angket, penulis mengajukan
pertanyaan tertulis berupa angket dengan berbagai alternatif jawaban yang akan
diisi oleh responden yaitu sampel yang sudah di tetapkan. 3) Dokumentasi ,
penulis memperoleh data berdasarkan data dokumentasi terutama masalah
aktivitas belajar siswa yang diperoleh berdasarkan hasil angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa kelas SMA Muhammadiyah 1 Medan memiliki
persepsi yang baik terhadap kompetensi guru PAI adalah tergolong baik dengan
rata-rata persentase sebesar 77,79%.