Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan
Kampus Mengajar Terhadap Motivasi Menjadi Guru Bagi Mahasiswa
FKIP UMSU.
Sampel penelitian adalah seluruh peserta program Kampus
Mengajar Angkatan I dan II FKIP UMSU. Penelitian ini menggunakan
sampel sebanyak 208 mahasiswa. Metode pengambilan data
menggunakan angket kuisioner. Metode analisis data yang digunakan
adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS
21 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan
kampus Mengajar Terhadap Motivasi Menjadi Guru. Hal tersebut dapat
ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 43, 438, koefisien regresi (b)
sebesar 0,902, nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,902 atau 90,2% dipengaruhi oleh program
kegiatan kampus mengajar berpengaruh dan signifikan terhadap motivasi
menjadi guru, sedangkan sisanya sebesar 9,8% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.