Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan siswa kelas
XI SMK Tritech Informatika dalam mengoperasikan aplikasi myob. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Video Tutorial Myob Terhadap
Keterampilan Siswa Kelas XI SMK Tritech Informatika Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika yang beralamat di Jl.
Bhayangkara No. 484 Medan. Populasi dalam penelitiam ini adalah seluruh siswa
kelas XI. Akuntansi berjumlah 32 siswa dan kelas XI. Perbankan Syariah berjumlah
22 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa XI. Akuntansi
dan XI. Perbankan Syariah yang berjumlah 54 siswa (total sampling). Instrument
penelitian dengan menggunakan tes psikomotorik bertujuan untuk melihat apakah
ada pengaruh media video tutorial myob terhadap keterampilan siswa kelas XI
SMK Tritech Informatika Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun populasi yang peneliti
ambil dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 54 siswa. Metode pengambilan
sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian yang digunakan
adalah kelas XI. Akuntansi berjumlah 32 siswa dan Kelas XI. Perbankan Syariah
berjumlah 22 siswa. Tes yang berfungsi sebagai alat penelitian yang terdiri dari 10
item
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dengan menggunakan media
video tutorial myob, hasil dari soal psikomotorik nilai t (8,790 > 1,673) pada nilai
signifikan (0,000 < 0,05) menunjukkan bahwa hipotesis diterima ((Ha diterima).
Artinya, terjadi peningkatan keterampilan mengoperasikan aplikasi myob dengan
menggunakan video tutorial Myob.
Kata Kunci : Media Video Tutorial