Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyebab Kesulitan
Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XI (sebelas) di sekolah SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan. Adapun populasi yang peneliti ambil dalam penelitian ini
berjumlah 21 orang. Metode penganmbilan sampel yang digunakan adalah ekstrasi
total , jadi sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI Akuntansi SMK
Swasta Al-Washliyah 3 Medan dengan jumlah 21 orang dan angket berfungsi
sebagai alat yang terdiri dari 20 item pernyataan yang sudah teruji validitas dan
reabilitasnya.
Berdasarkan analisis penelitian penyebab kesulitan belajar jurnal
penyesuaian, hasil dari angket yang telah diberikan, bahwa dapat disimpulkan
besarnya koefisien penyebab kesulitan belajar jurnal penyesuaian pada siswa kelas
XI Akuntansi SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan dikategorikan sulit dalam
memahami jurnal penyesuaian yaitu berdasarkan hasil persentase dengan
persentase 70% siswa kesulitan memahami jurnal penyesuaian. Penyebab kesulitan
belajar jurnal penyesuaian yaitu kurangnya pemahaman siswa dan modul tidak
menarik, solusi dari kesulitan belajar yaitu bimbingan khusus, dan membuat modul
yang menarik.