Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pedapatan, jumlah
tanggungan, pendidikan, harga terhadap permintaan buah mangga alpukat di Pasar
Sei Sikambing dan Pasar Buah Tempuling, dan (2) untuk mengetahui atribut dari
buah mangga alpukat menurut preferensi konsumen di Pasar Sei Sikambing dan
Pasar Buah Tempuling. Responden yang diwawancarai sebanyak 60 orang dengan
berdasarkan kuisioner. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi
Linier Berganda untuk mengetahui Pendapatan (𝑋1), Jumlah Tanggungan (𝑋2),
Pendidikan (𝑋3), Harga (𝑋4) terhadap Permintaan mangga alpukat (Y) dan Analisis
deskriptif untuk mengetahui atribut dari buah mangga alpukat menurut preferensi
konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linier berganda,
diperoleh hasil sig 0,000 < 0,05 sehingga tolak Ho dan terima H1. Artinya secara
simultan (serempak) jumlah permintaan buah mangga alpukat dipengaruhi oleh
pendapatan, jumlah tanggungan, pendidikan, dan harga. Berdasarkan analisis
deskriptif terhadap atribut mangga alpukat di Pasar Sei Sikambing dan Pasar Buah
Tempuling, maka dalam membeli buah mangga alpukat konsumen akan melihat
atribut berupa warna, ukuran, aroma, rasa, dan cara mengkonsumsi.