Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran GOLD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matemtika di
SMP Muhammadiyah 11 Babalan? Bagaimana sikap siswa terhadap model
pembelajaran GOLD pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 11
Babalan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh model pembelajaran GOLD terhadap pembelajaran matematika di SMP
Muhammadiyah 11 Babalan, untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap
model pembelajaran GOLD pada pembelajaran matematika di SMP
Muhammadiyah 11 Babalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain Pretest-postest dengan satu perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran GOLD (Guided Organizing Leaflet Discovery) yaitu Tahap
Bimbingan(Guided, Tahap Pengorganisasian (Organizing), Tahap Lembar Balik
(Leaflet) dan Tahap Penemuan (Discovery). Hasil penelitian menggunakan model
pembelajaran GOLD di SMP Muhammadiyah 11 Babalan diketahui bahwa rata rata angket kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol yaitu 75,35 >
70,2 berarti model pembelajaran GOLD baik digunakan dalam pembelajaran
matematika. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas
kontrol yaitu 82,3 > 80,3. Pengujian Uji-t diperoleh karena thitung > ttabel yaitu
2,060 > 2,016 maka terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model
pembelajaran GOLD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika
di SMP Muhammadiyah 11 Babalan.