Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Behavioristik untuk mengatasi perilaku Membolos siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kejuruan Muda Suka Mulia, Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IPA dan IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu one group pretest-posttest design, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan angket yang berjumlah 29 item. Berdasarkan hasil hipotesis Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 22,00, Asymp sig. (2-tailed) pada kelompok eksperimen yaitu 0,012 lebih kecil dari 0,05 maka H0 di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku membolos pada siswa sebelum dan sesudah diberikan Pendekatan Behavioristik melalui Layanan Bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kejuruan Muda Suka Mulia dengan demikian perilaku membolos dapat teratasi.