Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pebelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan SMA Al-Hidayah Medan. Bagaimana dampak manajemen pebelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Hidayah Medan. Apa faktor pendukung dan penghambat pebelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data skunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Guru Pendidikan Agama Islam di Yayasan SMA AL-Hidayah Medan dalam perencanaan pembelajaran sudah membuat silabus dan menyiapkan RPP sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar guna sebagai panduan dalam proses pembelajaran (2) Dari hasil penelitian diperoleh guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagai berikut : a. Melaksanakan kegiatan pendahuluan, b. Melaksanakan kegiatan Inti dan, c. Melaksanakan Kegiatan Penutup (3) Faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran di SMA Al-Hidayah Medan adalah metode pengajaran yang sesuai, lingkungan sekolah yang mendukung, minat individu siswa, dan dukungan dari kedua orang tua. Selain itu, faktor penghambat dalam kegiatan pembelajaran di SMA Al-Hidayah Medan adalah kematangan individu siswa dan kurangnya komunikasi, serta Kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, kurangnya sarana dan prasarana sehingga menghambat terlaksananya manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kurangnya media pembelajaran di ruangan kelas sehingga pembelajaran kurang efektif dan efesien, pada umumnya siswanya berasal dari madrasah.