Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah model pembelajaran The Power Of Two efektif
diterapkan dalam pembelajaran fiqih. Setiap siswa diberikan tes untuk mendapatkan hasil
belajar fiqih dan lembar observasi untuk melihat aktivitas serta respon siswa terhadap
pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Al-Hidayah Aceh Tamiang di kelas
VIII-A yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan one group pretest posttest design. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pretest sebesar 52,8333 dan rata-rata nilai posttest 89.6667. Hasil uji hipotesisi yang
dilakukan menunjukkan bahwa sebesar 4,044 dan nilai t pada taraf signifikan ɑ = 0,05
diperoleh nilai sebesar 1,697. artinya 1,697) maka ditolak
dan diterima. Perolehan indeks gain sebesar 0,78, dikatakan dalam kategori tinggi dan
berada pada tingkat efektivitas efektif. Hasil observasi yang diisi oleh guru memperoleh nilai
rata-rata sebesar 86% dikategorikan kedalam baik sekali. Maka disimpulkan bahwa
penggunaan model The Power Of Two efektif terhadap hasil belajar fiqih siswa SMP Swasta
Al-Hidayah Aceh Tamiang