Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi pendekatan
cognitive behavior theraphy dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku
bullying siswa kelas XII-AK SMK Persatuan Amal Bakti 3 Medan TA.
2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas
XII kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala
Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen perilaku karakter sikap
bullying sebesar 0,911. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh
dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji
hipotesis dengan uji wilcoxon diperoleh luaran sebesar 2.807b
dengan nilai
Asymp.Sig. = 0,005 (2-tailed) lebih kecil dari < 0.005, maka Ha diterima. Disini
Terdapat 10 data positif (N) yang artinya 10 siswa mengalami penurunan prilaku
bullying dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Mean Rank atau rata-rata
peningkatan tersebut adalah sebesar 5,50, sedangkan jumlah rangking positif atau
sum of Ranks adalah sebesar 55,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan cognitive behavior theraphy dalam bimbingan kelompok
dapat memberikan pengaruh terhadap turunnya perilaku bullying siswa SMK
Persatuan Amal Bakti 3 Medan TA. 2021/2022.